Selasa, 15 Maret 2011

10 Bangunan Bersejarah di North Wales




BERLIBUR ke tempat-tempat bersejarah di North Wales, Inggris mengingatkan kita pada kehidupan di masa lampau. Dari zaman perunggu hingga Perang Dunia II. Berikut 10 bangunan bersejarah yang ada di Kota North Wales, Inggris :

1. Great Orme Mines, Llandudno

Great Orme adalah area pertambangan logam tua yang terkemuka di Llandudno, North Wales dan dekat dengan Tram Halfway Station.

Bagi wisatawan yang akan ke sana dapat melihat sebuah bangunan tua yang digunakan sebagai area pertambangan di zaman perunggu.

2. Conwy Castle

Conwy Castle merupakan sebuah benteng yang memiliki struktur bagunan tinggi yang sangat mengagumkan di dataran tinggi Conwy, North Wales.

Konstruksi bangunan tinggi ini dibangun oleh arsitektur James dari St George pada tahun 1283-1289 di zaman Raja Edward I berkuasa.

Kemegahan Conwy Castle bisa dirasakan di malam hari dari seberang sungai bangunan. Kerlip lampu-lampu benteng menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung.

3. Caernarfon Castle

Sejarah berdirinya Caernarfon di ujung selatan Selat Menai juga tidak terlepas dari pengaruh Edward I (1283) yang membuat benteng-benteng seperti rangkaian sebuah “cincin besi” di North Wales.

Caernarfon Castle semakin dikenal oleh masyarakat luar pada tahun 1969, ketika Pangeran Charles memberikan investasi ke benteng bersejarah tersebut.

Caernarfon memiliki bangunan yang besar dan luas, layaknya sebuah istana yang sangat mengangumkan. Apalagi di lokasi benteng juga terdapat Museum Pertahanan tertua, yang bernama Royal Welch Fusiliers Wales.

4. Beaumaris Castle

Pada tahun 1295, benteng “cincin besi” kembali dibangun oleh Raja Edward I di kota Beaumaris dengan nama Beaumaris Castle.

Benteng ini sengaja dibangun di alam terbuka di daerah pegunungan Snowdonia. Area rumput hijau yang sangat luas menjadi daya tarik tersendiri bagi Beaumaris Castle yang memang berada di sekitar benteng.

Selain itu, di sana Anda juga akan disuguhkan pemandangan yang paling romantis dari sekumpulan angsa yang sedang berenang di atas air sungai di area benteng.

5. Plas Mawr Elizabethan Town House, Conwy

Berbeda dari bangunan bersejarah sebelumnya yang mendapat pengaruh dari Raja Inggris, Plas Mawr Elizabethan Town House dibangun oleh saudagar kaya Robert Wynn pada tahun 1576 -1585.

Rumah ini dikenal sebagai bangunan terbaik yang masih tersisa di Britania. Budaya Mediterania masih melekat di eksterior ruang, sedangkan di dalam interior, berbagai perabotan danperalatan dapur masih terlihat seperti aslinya.

Fitur yang paling mencolok dari rumah ini adalah terletak pada langit-langit rumah yang memiliki motif plester beraneka ragam warna. Dari warna-warna cerah, monogram hingga gambar sebuah mawar berwarna merah.

6. Beaumaris Courthouse and Gaol

Beaumaris Courthouse and Gaol merupakan museum pengadilan dan penjara di Kota Beaumaris, North Wales. Museum pengadilan pertama kali dibangun pada tahun 1614 dan ruang penjara pada tahun 1829.

Dahulu, museum ini dijadikan sebagai tempat pengadilan bagi para pelaku kejahatan di kota itu. Dari kasus pencurian, pembunuhan sampai hukuman eksekusi. Namun sayangnya, kejadian itu hanya bisa dikenang dalam sebuah museum karena ruang pengadilan ini terakhir kali digunakan pada tahun 1971.

Keunikan bangunan museum terlihat pada sisi dalam ruangan. Di sana Anda akan dikejutkan oleh patung-patung manusia pekerja kantor pengadilan. Mulai dari patung hakim, jaksa hingga terdakwa yang lengkap dengan kostumnya masing-masing. Selain itu, Anda juga bisa menyaksikan sebuah podium dan meja-kursi yang biasa dipakai di dalam sidang.

7. National Slate Museum, Llanberis

Museum Nasional Slate (Museum Slate Welsh) merupakan warisan industri batu tulis Eropa di abad ke-19.

Museum batu tulis ini terletak di Gilfach Ddu, atau lebih tepatnya di dalam Taman Negara Padarn, Llanberis, Gwynedd, North Wales.

8. Ffestiniog Railway

Kereta api Ffestiniog adalah kereta api tua yang dibuat pada tahun 1832 untuk mengangkut batu tulis di Gwynedd, Wales.

Meski kereta api ini sudah lama tidak digunakan lagi oleh pertambangan batu tulis, namun saat ini Ffestiniog kembali diaktifkan sebagai transportasi wisata di Taman Nasional Snowdonia menuju pertambangan batu tulis Blaenau Ffestiniog, Wales. Bagi Anda yang ingin menikmati perjalanan santai melewati desa-desa kecil sambil menyaksikan pemandangan pegunungan di Wales, bisa menggunakan kereta api tua ini.

9. Snowdon Mountain Railway, Llanberis

Kereta gunung Snowdon, LIanberis ini termasuk unik di zaman modern seperti sekarang ini. Selain masih menggunakan batu bara, kereta uap ini mampu mendaki ke puncak tertinggi di Wales.

Bagi Anda yang ingin menaiki kereta buatan 1896 ini, sebaiknya datang di bulan 21 Juni hingga 23 September, karena kereta gunung Snowdon hanya dibuka pada musim panas berlangsung.

Perjalanan dari Taman Nasional Snowdonia bisa ditempuh selama 1 jam dari kota LIanberis, Wales melalui jalanan yang curam dan juga pemandangan-pemandangan alam dari sebuah pegunungan.

10. Home Front Experience, Llandudno

Museum Front Experience ini menampilkan berbagai koleksi pribadi sejarah INggris dan Wales pada saat Perang Dunia II yang terletak di kota Llandudno, Wales.

Museum sejarah ini telah dibangun pada tahun 1940. Setiap ruang didesain dengan gaya yang mengingatkan kita pada situasi perang di masa lalu

Berbagai peralatan perang, seperti masker gas, pakaian militer, bom, sirine dan lagu-lagu bersejarah tahun 1940-an bisa Anda nikmati di dalam museum.

Tidak ada komentar: