Sabtu, 12 Maret 2011

Ditemukan Harta Karun Mobil Tua dalam Kondisi Baru



Memiliki mobil tua yang masih dalam kondisi mulus dan orisinil layaknya sebuah mobil baru memang menjadi impian para penggemar kendaraan lawas tersebut.

Nominal uang pun bukan menjadi halangan, yang terpenting penampilan mobil kembali segar seperti sewaktu keluar dari diler.

Namun apa yang dapat dibayangkan bila anda menemukan sebuah mobil legenda Toyota Celica, dan produk Toyota lainnya keluaran tahun 1970 an yang masih dalam kondisi sangat baru?

Harta karun itulah yang ditemukan oleh Bo de Visser seorang fotografer dan jurnalis berkebangsaan Belanda.

Pria tersebut berhasil mengunjungi garis hijau (green line) di Siprus dan menemukan banyak dealer Toyota yang ditinggal begitu saja oleh pemilikinya. Bisa ditebak, didalamnnya banyak sekali koleksi mobil baru yang dibuat pada tahun 1970-an.

Selain varian Corolla 4 pintu dan Celica, terdapat juga beberapa varian coupe dua pintu lainnya yang jarang kita lihat selama ini.

Garis Hijau adalah batas sepanjang 180 kilometer (112 mil) yang membagi pulau Siprus dan ibukota dari Nicosia.

Wilayah tersebut lantas ditetapkan sebagai zona demiliterisasi antara wilayah Siprus Yunani dan Siprus Turki yang dikendalikan setelah Turki menginvasi pulau Mediterania pada tahun 1974.

“Setelah invasi oleh Turki pada tahun 1974 dan sebagian besar Siprus Utara menjadi garis gencatan senjata, dan dilindungi oleh PBB. Bila kota-kota lain berhasil melanjutkan, kota-kota seperti Famagusta dan Nicosia sebagian ditinggalkan begitu saja sejak saat itu,” ujar Visser.

Sebenarnya, daerah inimasih terlarang untuk dikunjungi, namun setelah beberapa lama melakukan negosiasi yang alot, fotografer dan wartawan Bo de Visser dari Belanda berhasil masuk dan membuat foto dokumenter.

Lantas saya diberitahu tentang dealer mobil Ford dan Toyota, di mana banyak terdapat mobil baru yang hanya diparkir selama 33 tahun,” lanjut Visser.

Menariknya, karena berstatus mobil baru, jarak tempuhnya pun masih sangat sedikit dan paling banyak hanya menunjuk angka 37 km.

Rasanya seperti sebuah mimpi bagi setiap penggemar mobil. Anda tertarik membawa salah satunya?

Tidak ada komentar: