Jumat, 04 Maret 2011

Ini Dia Menambah Berat Badan Buat si Kurus

akarta, Umumnya setiap orang menginginkan tubuh yang ramping, tapi jika tubuh terlalu kurus juga bisa menimbulkan beberapa dampak bagi kesehatan. Tapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menaikkan berat badan secara sehat.

Asal tahu saja, tubuh yang terlalu kurus cenderung memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga rentan terhadap infeksi, komplikasi bedah dan waktu pemulihan penyakit yang lebih lama.

Namun kondisi ini bisa dihindari dengan menaikkan berat badan secara sehat sehingga memiliki tubuh yang optimal, salah satunya dengan menggunakan indikator indeks massa tubuh (body mass index/BMI).

Seseorang yang memiliki nilai BMI kurang dari 18 berarti memiliki berat badan di bawah normal, BMI 18,5-24,9 berarti memiliki berat badan normal, BMI 25-29,9 berarti memiliki berat badan berlebih dan BMI lebih dari 30 berarti mengalami obesitas.

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan seseorang bertubuh kurus yaitu:

1. Memiliki tingkat metabolisme yang cepat
2. Pengaruh faktor genetik
3. Kepribadian dan lingkungan sekitarnya
4. Serta beberapa kondisi tertentu yang bisa mempengaruhi tingkat metabolisme atau fungsi kerja dari hormon tertentu.


Bagi orang yang memiliki tubuh kurus atau BMI di bawah normal, ada beberapa cara sehat yang bisa dilakukan untuk menaikkan berat badan, seperti dikutip dari MedicineNet.com, Rabu (2/3/2011) yaitu:


1. Mengonsumsi makanan yang mengandung kalori, vitamin dan mineral tinggi.
2. Mengonsumsi makanan dengan keseimbangan yang tepat, rasio yang disarankan adalah 60-70 persen karbohidrat, 10-15 persen protein dan sejumlah kecil lemak.
3. Membatasi konsumsi air atau cairan setengah jam sebelum dan sesudah makan, karena kalau banyak minum sebelum makan akan membuat perut kenyang sehingga nafsu makan berkurang.
4. Mengonsumsi jus seperti apel, peach, jeruk atau pisang untuk meningkatkan asupan kalori
5. Mengonsumsi beberapa sumber lemak baik yang berasal dari makanan seperti kacang, alpukat, minyak zaitun dan lemak ikan (salmon dan mackerel)
6. Mengambil beberapa cemilan diantara waktu makan seperti yogurt atau buah-buah kering
7. Mengonsumsi susu secara teratur, karena tidak saja mengandung kalori tapi juga nutrisi penting lainnya seperti protein, vitamin dan mineral, serta mengandung bakteri sehat yang bisa membantu sistem pencernaan.
8. Berolahraga secara teratur karena akan membuat tubuh tetap fit dan energik. Kondisi ini bisa membantu mengembangkan otot-otot tubuh yang ramping menjadi lebih berbentuk, serta meningkatkan nafsu makan.
9. Tetap memiliki pemikiran yang positif, karena pikiran bisa mempengaruhi pola makan dan juga proses pencernaan yang terjadi.
10. Mendapatkan waktu istirahat dan tidur yang cukup 7-8 jam secara teratur.
detikealth

Tidak ada komentar: