Jumat, 04 Maret 2011

Pesona Colosseum


THE COLOSSEUM dikenal sebagai Flavian Amphitheater atau Flavian gelanggang di ruang terbuka. Dibangun oleh Kaisar Vespasian memerintahkan dalam kehormatan dari keagungan-Nya kerajaan, telah diresmikan oleh anaknya, Titus, di AD 80 dengan acara-acara berlangsung 100 hari.

Nama Colosseum berasal dari patung perunggu besar setinggi 38 meter, yang dikenal sebagai 'patung raksasa', Nero yang ingin dibangun dalam gambar di Domus aurea. The Colosseum, dirancang oleh Rabirio atau mungkin Gaudenzio, tempat banyak perkelahian antara gladiators, eksekusi, dan menunjukkan Naumachie berburu.

Colosseum merupakan tempat penyelenggaraan pertunjukan yang spektakuler 5 jenis pertarungan selama ratusan tahun. Diperkirakan ribuan orang maupun binatang mati dalam pertunjukan di Colosseum. Kelima pertarungan itu adalah pertarungan antara binatang (venetaiones), pertarungan antara tahanan manusia dan binatang, eksekusi tahanan (noxii), pertarungan air (naumachiae) dengan cara membanjiri arena, dan pertarungan antara gladiator (munera).

Pembangunan Colosseum saja sudah cukup sadis dan berdarah-darah. Ahli sejarah Dio Cassius mengatakan, 9.000 hewan buas terbunuh pada 100 hari sebagai perayaan peresmian dan pembukaan Colosseum. Lantai dari arena Colosseum tertutupi oleh pasir untuk mencegah agar darah-darah tidak mengalir kemana-mana.

Colosseum berukuran tinggi 48 meter, panjang 188 meter, lebar 156 meter, dan luas seluruh bangunan sekitar 2,5 hektar. Arenanya terbuat dari kayu berukuran 86 x 54 meter dan tertutup oleh pasir. Bentuk elips atau bulat dari Colosseum gunanya untuk mencegah para pemain kabur ke arah sudut dan mencegah para penonton berada lebih dekat dengan arena pertunjukan.

Colosseum masih digunakan sampai tahun 217, meskipun telah rusak terbakar karena disambar petir. Bangunan ini diperbaiki pada tahun 238. Permainan gladiator berangsur-angsur dihentikan umat Kristen. Empat gempa bumi pada tahun 442, 508, 847, dan 1349 juga merusak Colosseum.

Tidak ada komentar: